Blog

Umroh Dari Indonesia

Umroh dilakukan oleh umar muslim dari berbagai penjuru dan juga belahan dunia pada satu titik lokasi yaitu Mekah. Pada kesempatan menunaikan ibadah ini akan ditemui berbagai umat manusia dengan keyakinan yang sama dan beribadah bersama dengan tujuan yang sama yakni ridho Allah SWT. Bagi masyarakat Indonesia ini juga merupakan ibadah yang istimewa, mengunjungi Tanah Suci atau Baitullah tentu menjadi keinginan yang sangat mulia. Kini minat untuk menjalani ibadah ini terbilang besar diberbagai kalangan di Indonesia, ada berbagai alasan terkait hal ini yang mampu menjadi latar belakangnya. Selain berupa keinginan yang dapat dikatakan menusiawi ini juga merupakan tolok ukur untuk dapat mencapai Tanah suci. Mengingat ibadah disana memiliki banyak keutamaan yang dijanjikan, maka tidak menjadi hal yang aneh jika pada akhirnya minat untuk berada disana dan menunaikan ibadah berkembang dengan pesat.

Seiring dengan adanya pembatasan terhadap kuota haji yang sering diterapkan, kemudian masyarakat memilih untuk sampai di tanah suci dan menunaikan ibadah umroh. Meskipun sudah ditekankan bahwa ini bukan merupakan pengganti tetapi terdapat kepuasan yang dapat diperoleh dalam menjalani ibadah ini dengan ikhlas dan tentu saja sesuai dengan rukun atau tata cara yang menyertainya. Dengan perkembangan minat yang pesat ini pula pada akhirnya berkembang banyak agen atau biro yang menyediakan jasa terkait perjalanan ibadah tersebut.

Latar belakang lainnya yang menjadi pemikiran masuk akal dari pesatnya peminat untuk menempuh perjalanan haji kecil ini adalah perbedaan kuota yang mungkin dapat dilalui oleh individu tanpa harus menunggu terlalu lama. Untuk dapat mencakup banyaknya calon jamaah ini maka banyak bisnis travel umroh menawarkan berbagai macam fasilitas dengan berbagai penawaran biaya yang harus dibayarkan untuk dapat menjalakan ibadah ini. Selain itu ternyata juga terdapat kepercayaan bahwa telah menunaikan ibadah ini suatu saat akan terpanggil untuk menunaikan haji. Terlepas dari keyakinan tersebut keutamaan juga dimiliki oleh ibadah umroh yaitu mampu menjadi kesempatan untuk memohon ampunan Allah SWT, dan ini merupakan sesuatu yang sangat didambakan umat muslim.

Advertisements

Perkembangan Umroh Di Indonesia Masa Kini

Umroh merupakan ibadah yang dilakukan menyerupai haji tetapi bukan merupakan pengganti haji sebagai bagian dari rukun Islam. Karena seperti yang sudah kita ketahui bahwa keduanya terdapat banyak perbedaan. Terutama pada berbagai rukun dan tata cara yang harus dilakukan selama menjalankan ibadah. Tetapi untuk beribadah yang paling penting sebenarnya adalah sah atau tidaknya ibadah tersebut. Selain itu yang tidak kalah penting adalah tentang keyakinan dan keikhlasan dalam beribadah, maka tidak heran jika ibadah ini kemudian menjadi bagian ibadah yang favorit diberbagai kalangan. Tidak dapat dipungkiri mengunjungi tanah suci memang harapan yang dimiliki setiap muslim dipenjuru dunia, maka ketika terdapat kesempatan didalamnya tentu tidak akan pernah disia- siakan oleh setiap individu.

Umroh sebagai ibadah yang ke Tanah suci yang dapat dilakukan dengan waktu yang lebih fleksibel menjadi sangat diminati. Jelas alassan tersebut sangat masuk akal karena terkait pada pilihan waktu yang dapat disesuaikan, dan tidak menuntut ketepatan waktu atau batasan. Sehingga pada sisi ini dapat menjadikan para muslim mengukur dan mempersiapkan diri dengan lebih matang sebelum menunaikan ibadah tersebut. Hal ini juga yang mampu menjadi pembeda dari ibadah haji yang menjadi kwajiban bagi umat muslim sebagai bagian dari keutamaan ibadah yang harus ditunaikan. Perkara waktu hanya terdapat tiga hari yang dilarang atau makruh untuk melaksanakan ibadah haji kecil tersebut, yaitu pada hari Arafah, Nazar, dan Tasyriq. Maka dari itu terdapat beberapa kloter keberangkatan yang dapat menunaikannya dalam setipa tahunnya.

Mengenal Muthawif Dalam Umroh

Secara harfiah Muthawif berarti orang yang memimpin dan membimbing Tawaf pada saat ibadah umroh berlangsung. Profesi mengemban tugas yang sangat mulia sebagai pelayan jamaah. Biasanya ini memberikan bimbingan secara mendetail, tidak hanya sekedar mencarikan jalan untuk menjalankan tawaf tetapi juga membimbing do’a yang semestinya dibaca pada saat melakukan rangkaian ibadah yang satu ini. Tidak hanya itu keberadaan dari sosok muthawif ini ada sejak kedatangan jemaah sampai pada pemulangan jamaah. Secara keseluruhan peran ini memang serupa dengan tour guide bahkan sampai pada mengantar jamaah yang berbelanja keperluan maupun sekedar berbelanja oleh-oleh.

Pada saat ini keberadaan muthawif atau pendamping ini memang sangat dibutuhkan, karena seperti yang diketahui bahwa pada saat sekarang umroh memiliki banyak peminat. Tetapi sejalan dengan kondisi ini belum adanya ijin bagi warga negara Indonesia untuk menjadi muthawif. Maka dalam aplikasinya terkadang ini bersifat sepihak hanya dari negara tertentu, contohnya Indonesia. Kebanyakan agen perjalanan ini menyediakan jasa pembimbing atau tour guide ini yang sekaligus mendampingi selama ibadah. Pada saat sekarang ini yang menjadi muthawif kebanyakan adalah para pelajar yang belajar diwilayah Arab sahudi. Selain itu bahkan untuk memenuhi kebutuhan adanya muthawif ini terkadang sampai melibatkan tenaga kerja Indonesia. Beberapa agen mulai meningkatkan kualitas dari para muthawif yaitu dengan standar setidaknya sehat, berpengalaman dan tentunya menguasai kedua bahasa, seperti bahasa Indonesia dan bahasa Arab.

Asal mula keberadaan muthawif ini memiliki sejarah dari zaman terdahulu. Pada zaman kenabian ini di praktikan oleh masyarakat Quraisy. Pada masa tersebut mereka menyediakan tempat tinggal dan juga air minum. Ini seperti berupa sambutan yang layak bagi para peziarah yang datang dari jauh. Tetapi jika dilihat dari keberadaannya pada masa itu memang terlihat berbeda dari fungsi yang sekarang ada. Karena pada saat ini fungsi keberadaan muthawif ini lebih lengkap dan kompleks dari kehadiran jamaah yang akan ibadah, sampai dengan kepulangannya. Dan seluruh kegiatan dapat melibatkan keberadaan dari muthawif tersebut. Tetapi ada juga agen perjalanan yang memiliki pendamping sejak pemberangkatan para jamaah, tentunya dengan standar kemampuan yang diterapkan tersebut. ini memang memberikan banyak manfaat bagi setiap jamaah, terutama untuk membantu berkomunikasi dan dipastikan juga menambah kenyamanan bagi para jamaah selama menunaikan ibadah umroh.

Pendampingan Pelaksanaan Tata Cara Umroh

Umroh sebagai ibadah yang dilaksanakan dengan serangkaian tata cara dan harus dilakukan secara beruntun ini wajar jika penting adanya pendampingan dalam melaksanakan ibadah tersebut. Biasanya keberadan pendamping ini merupakan kebijakan dari setiap kloter atau kelompok ibadah, seperti yang di tentukan oleh keberadaan agen jasa yang menangani perjalanan ibadah tersebut sejak awal. Ini juga merupakan kebijakan penyelenggara proses ibadah yang menghendaki koordinasi yang lebih mudah pada setiap kelompok tersebut. Berfungsi seperti keberadaan tour guide yang akan memandu dan juga memberikan pelayanan untuk ibadah serta mendampingi dengan baik selama ibadah berlangsung.

Pendampingan yang diberikan kepada jamaah ini merupakan upaya koordinasi yang biasanya menjadi semacam pimpinan kelompok ibadah. Ini mencakup membimbing para jemaah yang melakukan ibadahumroh. Membimbing  ini tentu juga terdapat berbagai ketentuan yang berlaku didalamnya atau berupa syarat yang menyertai keberadaan dari pendamping tersebut. Dengan pendamping ini sebenarnya difungsikan untuk mendampingi kloter ibadah agarlebih mudah dikondisikan ketika menjalani setiap rangkaiannya. Pembimbing ini semestinya adalah yang memiliki pengetahuan yang lebih agar dapat membimbing jemaah dengan baik. Dalam hal ini lebih dikenal dengan keberadaan seorang muthawif.